8 fun facts tentang sapi dan kambing yang wajib kamu tahu!

Sapi dan kambing, siapa sih yang nggak tau binatang mamalia ini? Binatang mamalia yang dapat diolah menjadi makanan enak, seperti gulai, semur, rendang, dan sate, apalagi saat menjelang Hari Raya Idul Adha!

Tapi Anak Trax tahu nggak sih? Daging yang kita konsumsi ini, memiliki fakta unik dibaliknya, lho! Yuk kita lihat!

1. Sapi ternyata penggemar musik klasik! Dengan mendengarkan musik klasik, sapi akan memproduksi lebih banyak susu lho, Anak Trax!

2. Sama seperti manusia sapi adalah mahluk sosial. Sapi berkomunikasi menggunakan suara posisi tubuh dan ekspresi wajah. Sapi juga hidup secara berkelompok dalam satu kawanan.

3. Jarak penciuman sapi mencapai 9,5 km. Tidak hanya itu, sapi juga dapat mendengar frekuensi suara lebih tinggi dan lebih rendah dari manusia. Hebat!

4. Bercak sapi tidak ada yang sama, sama seperti sidik jari manusia, sapi juga memiliki bercaknya masing-masing. Keren ya!

5. Sapi dapat menaiki tangga lho, tapi, tidak bisa turunnya! Karena lutut sapi tidak bisa menekuk dengan sempurna.

6. Kambing jantan dan betina sama-sama memiliki tanduk dan janggut. Cara bedainnya, tanduk dan janggut kambing jantan lebih panjang daripada tanduk dan janggut betina.

7. Susu kambing merupakan susu binatang yang paling banyak diminum oleh umat manusia melebihi susu sapi, ini dilihat dari perhitungan statistik, lho!

8. Nggak semua kambing itu bau! Kambing-kambing yang bau itu, biasanya kambing yang tidak dikebiri pada musim kawin. Jadi, di luar musim kawin, kambing nggak bau-bau amat, kok!

Waah! Ternyata banyak fakta menarik yaa dibalik sapi dan kambing. Selamat Hari Raya Idul Adha, Anak Trax!

[teks Angelita Christy, Anak Trax dari Universitas Multimedia Nusantara | foto berbagai sumber]